8 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Solo Travelling

solo travelling

Terkadang kita tidak mau direpotkan dengan kompromi dan planning planning yang tidak jelas ketika berlibur bersama teman atau grup.  Oleh karena itu, sebagian dari kita lebih suka untuk travelling sendirian saja alias ngebolang. Ngebolang bagi sebagian orang cukup mengasyikan, karena bisa bebas untuk bepergian ke tempat mana saja, makan apa saja dan istirahat kapan saja tanpa harus berdiskusi atau berkompromi dengan teman.

Melakukan travelling sendiri juga tidak selalu indentik dengan kesepian, namun malah dengan solo travelling seperti ini kamu bisa melatih jiwa social kamu. Saat pergi bersama teman, kamu akan focus ngobrol sama temanmu, namun jika pergi sendiri, kamu akan dipaksa untuk mencari teman baru dan mencari bantuan dari orang sekitar. Solo travelling juga bisa melatihmu mengetahui jati dirimu, terutama itu akan Nampak saat kamu ada masalah dijalan.

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum solo travelling diantaranya

8 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Solo Travelling

Hal dibawah ini merupakan hal yang bisa memperlancar perjalananmu nantinya, karena kamu sendiri, jadi harus hati hati dan full riset.

  1. Melakukan Riset Mendalam Tentang Tiket Hotel, Akomodasi, Jam Operasional Angkutan Umum Destinasi, Bahkan Culture dan Keadaan Social Disana.

Karena pergi sendiri, tentu persiapan merupkan hal mutlak yang tidak akan bisa dihindari, melakukan riset mengenai tiket dan jadwal transportasi menjadi penting, karena jika kamu over budget, tentu kamu tidak bisa minta tolong ke orang lain. Selain tiket transportasi, tiket penginapan juga penting, harus riset mau nginap dimana dan harga yang cocok untuk kantong. Bahkan riset keadaan lingkungan disana juga tidak ada salahnya untuk menghindari tindak kejahatan.

  1. Membuat Anggaran Perjalanan Dengan Terperinci Dari Berapa Lama Kamu Disana Dan Anggaran Yang Diperlukan Selama Hidup Disana

Karena kamu pergi sendirian, tidak akan ada yang membantumu untuk mengambil keputusan seperti “habis ini mau kemana lagi”, atau “makan apa ya yang murah dan kenyang”.  Didalam rencana perjalanan mu tersebut, akan ada panduan untuk itenarymu.  Disitu harus tertera kira kira untuk ketujuan tertentu harus naik apa dan berapa estimasi biaya yang diperlukan untuk jalan kesana. Namun jika ada teman baru atau penduduk local yang mengajakmu menikmati menjelajahi temat baru, ya akan semakin bagus.

  1. Harus Sering Belajar Packing, Karena Kamu Harus Membawa Seluruh Barangmu Sendiri

Karena travelling sendirian, jadi kamu mau tidak mau harus membawa barang bawaanmu sendiri kemana mana, oleh karena itu, skill packing sangatlah penting agar barang bawaanmu terlihat ringkas. Terkadang kita ingin membawa banyak barang bawaan, dan hal ini malah memberatkan. Cobala untuk membawa barang seminim mungkin,agar kamu bisa bebas bermanuver kamana mana. Tas yang terlihat ringan juga membuat kamu Nampak seperti warga sekitar, dan bukan turis.

  1. Cari Hostel Yang Menyediakan Shared Room atau Semua Fasilitasnya Digunakan Untuk Bersama sama.

Jika kamu menginap di hotel, tentu kamu tidak akan bisa bertemu para solo traveler atau  backpacker yang lain, karena ruanganmu private. Nah, berbeda dengan menginap di hostel dimana kamu tinggal dalam satu atap dan berbagi kamar mandi atau dapur bersama, kamu akan bertemu banyak traveller juga yang bis akamu ajak kenalan dan diskusi soal pengalaman mereka, siapa tahu mereka bisa merekomendasikan tempat tempat menarik untuk dikunjungi.

  1. Menginap Couchsurfing, Mumpung Travelling Sendirian

Couchsurfing ini sebenarnya merupakan situs yang menyediakan informasi mengenai sesame traveller yang menyediakan tempat tinggalnya untuk singgah para traveller. Melalui situs ini, kamu bisa mengenal lebih jauh mengenai tempat tersebut, dan berinteraksi dengan warga local. Situs ini seperti air Bnb jadi aman, untuk lebih pastinya, sebelum menginap kamu bisa kok mengecek testimony para traveller yang pernah tinggal disana.

  1. Sampai Di Kota tujuan Siang Hari

Usahakan untuk sampai ke kota siang hari, banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, yang pasti soal keamanan jika kamu ingin berkeliling dan yang pasti juga mudah dalam mencari hotel jika pergi saat siang hari. Ketika kamu dijemput pun untuk mengurangi rasa tidak enak, sebaiknya minta dijemput ketika siang hari. Sampai di kota tujuan siang hari juga menghindarkanmu tidur di tempat umum seperti stasiun atau terminal.

  1. Pisahkan ATM dan Uang Tunai, Siapkan Dokumen Dokumen Penting Pribadi Seperti KTP, SIM dan Sebagainya Dalam Bentuk Softcopy Maupun Hardcopy

Simpanlah terpisah ATM dan uang tunai di berbagai tempat, agar ketika ada sesuatu yang buruk terjadi, seperti kecopetan atau hilang, kamu tidak terlalu bingung. Jika bisa, kamu juga siapkan 2 ATM yang berbeda, yang satu ditinggal di penginapan, dan yang satu dibawa travelling, sehingga jika ATM hilang, kamu juga tenang, karena tidak semua uangmu hilang. Selain uang, dokumen dokumen berharga juga wajib hukumnya untuk di fotocopy, karena jika ada apa apa, kamu tidak kesulitan dalam mengurus administrasi.

  1. Sering Update Sosmed Hukumnya Wajib, Agar Orang Terdekat Tahu Posisimu Dimana

Ketika kamu di tempat tujuan baru, upload lokasi ketika di tempat tujuan baru hukumnya wajib. Hal ini berguna untuk menginformasikan kepada orang terdekat posisi terakirmu. Jadi jika terjadi apa apa denganmu, entah itu orang tua, kerabat atau sahabat tahu kemana mereka harus mencarimu untuk pertama kali. Atau jika kamu tidak terbiasa update status terlalu sering, minimal kabari orang tua via pesan pribadi dan sebelum berangkat ceritakan itenary perjalananmu ke teman teman terdekat

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *