6 Etika Di Hotel, Nomor 5 Paling Sering Dilanggar

hotel ponorogo

Privasi adalah satu kata yang ingin didapatkan orang ketika ingin menginap dihotel. Akan tetapi, walau kamar adalah tempat privasi kamu, kamu harus ingat ya, hotel adalah tempat umum. Jika keluar kamar, kamu teteap akan bertemu dengan banyak orang, entah itu staff dan tamu lainya. Oleh karena itu, akan lebih baik jika sebagai tamu hotel tetap menjunjung tinggi etika di hotel ketika sedang mengina.

Ada beberapa etika hotel yang harus kamu patuhi ketika sedang menjadi tamu di hotel, beberapa diantaranya adalah.

Etika Di Hotel Yang Wajib Dipahami

  1. Sopan Terhadap Semua Staff Hotel

Terkadang orang Indonesia suka seenaknya sendiri mengartikan “tamu adalah raja” sehingga tamu sendiri sering bersikap arogan dan tidak sopan terhadap staff. Para staff hotel juga manusia, mereka juga letih dan berusaha semaksimal mungkin melayani permintaan tamu, sehingga jangan lupa untuk menjaga manner dan selalu professional sebagai tamu.

Terlebih bagian receptionist yang paling sering menghadapi berbagai macam tamu, pasti tingkat stress mereka juga tinggi. Salah satu front desk dari Universitas Boston pernah bilang “ sebanarnya, semakin tamu itu sopan, pelayanan yang diberikan akan lebih baik”. Jadi semakin ramah kamu terhadap staff, semakin banyak pula keuntungan yang akan kamu dapatkan.

  1. Tidak Menggunakan Sendal Hotel Di Luar Kamar

Etika di hotel selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah, tidak menggunakan sandal hotel untuk beraktivitas diluar kamar. Kamu harus tahu bahwa, kegunaan dari sandal hotel sendiri adalah untuk menahan dinginnya ubin, atau agar kaki kamu tidak berdebu, sehingga bahan yang digunakanpun dari bahan yang lembut dan tipis. Dan jika kamu menggunakannya di luar kamar, bisa saja rusak.

Menggunakanya diluar kamar hotel dianggap tidak sopan, oleh sebab itu, sebaiknya kamu menggunakan sepatu atau sandalmu sendiri, jika ingin beraktivitas diluar kamar atau bahkan diluar hotel, etika di hotel sederhana ini sering diremehkan tamu.

  1. Tidak Membawa Barang Atau Makanan Yang Berbau Menyengat

Untuk tetap menjaga kenyamanan tamu tamu lainya, tidak membawa makanan berbau seperti durian atau bahkan alcohol yang terlalu menyengat perlu juga ditaati. Terkadang orang Indonesia sering tidak paham etika di hotel yang satu ini. Meskipun kamu disana adalah tamu, tapi tetaplah jadi tamu yang professional.

  1. Periksa Kondisi Kamar Sebelum Check Out

Karena kamu adalah tamu, dan diberikan keleluasaan untuk menggunakan fasilitas yang sudah disediakan, akan lebih baik jika kamu menjaganya agar tetap dalam kondisi baik seperti semula. Selain memperhatikan fasilitas yang sudah kamu pakai, perhatikan juga kebersihan kamar sebelum kamu tinggalkan. Pastikan sampah terbuang ditempatnya, dan tidak berserakan. Menjaga kebersihan dikamar akan memudahkan staff housekeeping menyiapkan kamar untuk tamu selanjutnya

.

  1. Tidak Membawa Pulang Barang Seenaknya

Ini adalah etika di hotel yang paling sering diabaikan oleh semua turis, merek menganggap fasilitas di hotel tidak hanya dipakai, tapi boleh dibawa pulang. Barang barang hotel yang suka hilang adalah asbak, handuk, bahkan bantal. Untuk menghindari hal seperti ini, tanyakanlah kepada pihak hotel, mana yang boleh dibawa pulang, agar tidak dianggap mencuri.

  1. Sopan Saat Komplain

Jika kamu mengalami hal yang tidak mengenakan saat menginap di hotel, pastikan kamu tetap menyampaikannya dengan bahasa yang sopan dan emosi. Emosi dan sikap yang berlebihan malah akan membuat staff hotel tidak respect sama kamu dan akan menanganinya seadanya. Selain itu, jika jangan langsung mengupload complain ke social media atau website review hotel sebelum kamu memberikan kesempatan kepada pihak hotel untuk memperbaiki kesalahanya.

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *